Ini lah porsi makan Yang Ideal

Posted on

informasimu.com Setiap orang memiliki porsi makan yang berbeda-beda tergantung dari banyak faktor. Penting untuk mengetahui porsi makan yang dibutuhkan agar kalori yang masuk tidak berlebih karena nantinya bisa memicu obesitas.

Hasil gambar untuk porsi makan

Satu hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang adalah jumlah atau porsi makanan yang dibutuhkannya. Hal ini untuk mengatur agar jumlah kalori yang masuk dan keluar seimbang sehingga tidak ada penumpukan kalori di dalam tubuh.

Studi jangka pendek menemukan bahwa orang akan makan lebih banyak jika dihadapkan pada ukuran porsi makan yang lebih besar. Porsi makan yang lebih besar bisa memicu terjadinya pelebaran ukuran pinggang atau penumpukan lemak di perut.

Secara teknis porsi adalah sejumlah makanan yang harus dikonsumsi seseorang, dan setiap porsi menunjukkan jumlah kalori dan nutrisi tertentu yang terkandung dalam makanan tersebut.

Misalnya satu porsi roti sama dengan satu lembar, jadi jika makan 2 lembar roti berarti sudah mengonsumsi 2 porsi, porsi standar untuk daging sama dengan ukuran satu kartu atau telapak tangan sedangkan untuk sayuran atau biji-bijian biasanya satu telapak tangan. Tapi ada beberapa makanan yang satu potongnya tidak menunjukkan satu porsi.

Untuk itu cobalah mengenali ukuran porsi standar suatu makanan sehingga bisa membantu menilai seberapa banyak makanan yang sudah dikonsumsi dan bisa menghindari kelebihan asupan kalori yang memicu kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas.

Selain itu secara umum laki-laki memang membutuhkan energi yang lebih banyak karena secara fisik ia lebih banyak bergerak dibandingkan dengan perempuan. Semakin tinggi aktivitas fisiknya maka kebutuhan kalorinya akan semakin besar.

Jumlah kalori yang dikonsumsi tergantung dari faktor usia, jenis kelamin, berat badan dan aktivitas fisik. Berikut ini jumlah kalori yang dibutuhkan berdasarkan aktivitas fisik dan usia adalah:

Usia 18-49 tahun

  • Aktivitas rendah: laki-laki sebesar 2.420 kilo kalori dan perempuan sebesar 1.955 kilo kalori
  • Aktivitas sedang: laki-laki sebesar 2.779 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.055 kilo kalori
  • Aktivitas berat: laki-laki sebesar 3.278 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.280 kilo kalori

Usia 50-59 tahun

  • Aktivitas rendah: laki-laki sebesar 2.404 kilo kalori dan perempuan sebesar 1.976 kilo kalori
  • Aktivitas sedang: laki-laki sebesar 2.761 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.079 kilo kalori
  • Aktivitas berat: laki-laki sebesar 3.257 kilo kalori dan perempuan sebesar 2.306 kilo kalori

Berikut kategori aktivitas fisik berdasarkan profesi:

  • Aktivitas fisik rendah itu termasuk pekerja kantoran, dosen dan petugas hotel.
  • Aktivitas fisik sedang: pekerja sekolah, petugas listrik dan pengemudi profesional
  • Aktivitas fisik berat: atlet, penari dan pekerja konstruksi.

Sekian dulu yang bisa saya infokan tentang Ini lah porsi makan Yang Ideal semoga bermanfaat bagi anda.

Kunjungi juga : Kenapa Mata Berair/menangis Saat Mengiris Bawang