Inilah Hukum shalat orang yang bertatto

Posted on

Mungkin di antara anda ada yang punya tatto tapi anda memutuskan untuk hijrah dan bertaubat, dan anda masih bingung masalah sah atau tidaknya orang bertatto itu sholat inikah jawabannya:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Hukum shalat orang yang masih ada tato di tubuhnya adalah sah, dan wajib baginya untuk menghilangkannya apabila mampu dan memungkinkan.

Hukum tato adalah haram bahkan termasuk ke dalam dosa besar, maka wajib atasnya untuk bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya. Rasulullah bersabda:

لَعَنَ الوَاصِلَةَ وَالمُسْتَوْصِلَةَ وَالوَاشِمَةَ وَالمُسْتَوْشِمَة

“Rasulullah melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang minta disambung rambutnya, wanita yang memasang tato dan yang minta ditato.” (HR. Bukhari no.5933).

Wajib pula atasnya untuk menghilangkan tato tersebut jika mampu dan memungkinkan serta tidak mengalami kesulitan atau mudharat.

Namun apabila tidak mempu menghilangkannya, maka cukuplah baginya dengan bertaubat kepada Allah dan memberitahukan kepada keluarga dan orang lain bahwa ia telah bertaubat dan perbuatan tersebut tidak diperbolehkan dalam islam bahkan termasuk ke dalam dosa besar, agar mereka tidak meniru-niru perbuatan tersebut.

Hukum shalat orang yang bertato tetap sah, karena tato tidak menghalangi air wudhu untuk sampai ke kulit.

Menurut saya pribadi masalah sah atau tidaknya orang  bertatto itu yang menilai bukanlah manusia namun allah, karna setiap manusia pernah melakukan kesalahan, termasuk di tatto, sekian dulu informasimu.com menyampaikan artikel tentang Inilah Hukum shalat orang yang bertatto semoga bermanfaat bagi anda.