Tips Wawancara Kerja Dan Contoh Pertanyaan Interview Kerja

informasimu.Com – Banyak orang yang gagal mendapatkan pekerjaan sesuai yang mereka inginkan. Hal ini tentu tergantung dari beberapa faktor, diantaranya yaitu wawancara kerja atau interview kerja. Sering banyak orang meremehkan atau menganggap enteng sebuah wawancara kerja, tapi, tahukah anda bahwa interview kerja merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah anda layak atau tidak untuk masuk dalam perusahaan tersebut. Lakukan persiapan matang sebelum anda menghadapi wawancara kerja, persiapan yang matang akan sangat membantu anda guna menghadapi pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja yang menjebak. Mental dan doa juga jangan dilupakan karena hal tersebut juga faktor yang mempengaruhi kesuksesan anda dalam melakukan interview kerja.

Ketika anda melamar pekerjaan yang anda dapatkan dari Informasi Lowongan Kerja dan anda dipanggil untuk melakukan wawancara kerja, anda bisa sedikit bangga, karena dengan dipanggil untuk interview kerja, otomatis pihak perusahaan pasti menganggap kemampuan dan skil anda layak untuk diperhitungkan. Hal ini dapat dilihat dari CV yang anda buat dan anda kirimkan bersama surat lamaran kerja kepada perusahaan tersebut. Tinggal bagaimana anda melanjutkan perjuangan untuk menggapai pekerjaan yang anda inginkan.

adsense-fallback

Nah, bagi anda yang tidak ingin terjebak dalam pertanyaan wawancara kerja, anda dapat mempelajari contoh pertanyaan wawancara kerja yang telah kami dapatkan dari beberapa sumber terpercaya yang dapat anda gunakan sebagai patokan bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan interview kerja. Simak Tips Wawancara Kerja dan contoh pertanyaan interview kerja beserta jawabannya dibawah ini.

1. Ceritakan tentang diri anda!
Pertanyaan ini hampir selalu terucap dari si penguji tes. Jangan pernah anda menceritakan sifat dan sikap anda sehari-hari, melainkan ceritakan latar belakang pendidikan anda, prestasi apa saja yang telah anda raih dan karir apa saja yang terakhir anda jalani.

2. Mengapa anda memilih berhenti dari pekerjaan anda yang lama?
Jawablah dengan bijak seperti anda ingin mendapatkan kesempatan karir yang lebih baik dan anda melihat dengan bergabung di perusahaan ini, anda dapat mengembangkan karir dan kemampuan yang anda miliki. Jangan pernah mengatakan hal negatif seperti anda keluar karena ada masalah dengan perusahaan sebelumnya dimana anda bekerja.

3. Apa pengalaman yang anda miliki di bidang ini?
Uraikan kemampuan dan pengalaman anda dengan jelas. Apabila anda belum memiliki pengalaman, uraikan saja kemampuan dan skill anda dalam bidang yang anda lamar.

4. Apakah anda menganggap diri anda sukses?
Jawab secara tegas dan antusias dengan jawaban yang mantab “Iya”, serta uraikan juga kesuksesan apa saja yang telah anda dapatkan sepanjang hidup anda terutama dalam hal karir.

5. Apa yang anda ketahui mengenai perusahaan kami?
Sebelum anda melamar di perusahaan yang anda lamar, pastinya anda sedikit banyak mengetahui dalam bidang apa perusahaan tersebut bergerak. Jadi katakan mengenai aktivitas dan dalam bidang apa mereka bergerak serta katakan anda ingin berkembang bersama mereka.

6. Mengapa anda tertarik bergabung dengan perusahaan kami?
Anda dapat menjawab pertanyaan ini secara diplomatis, contoh “Saya melihat perusahaan ini memiliki kesempatan yang cukup baik buat saya dan saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan ini supaya dapat memajukan perusahaan ini dan juga mengembangkan skill dan kemampuan saya.”

7. Berapakah gaji yang anda inginkan?
Jangan pernah mengatakan “Ya terserah bpk/ibu saja, yang penting saya digaji”. Sebutkan dengan jelas nominal gaji yang benar-benar anda inginkan secara objektif dan wajar sesuai posisi yang akan anda lamar.

8. Apakah anda bisa bekerja teamwork (bekerja secara tim)?
Jawab dengan mantab “Iya”, dan uraikan pengalaman yang pernah anda alami selama bekerja secara teamwork.

9. Mengapa perusahaan ini harus menerima anda?
Jangan pernah membandingkan anda dengan kandidat lain. Cukup uraikan skill dan kemampuan anda secara spesifik yang ada hubungannya dengan kebutuhan perusahaan.

10. Apa kelebihan utama yang anda miliki?
Pertanyaan ini juga hampir selalu keluar dari penguji. Jawab dengan tenang dan antusias tanpa ada rasa kesombongan. Hindari juga respon balik negatif dari penguji. Ada baiknya disini anda menguraikan kelebihan anda diluar kemampuan utama anda. Semisal kemampuan dapat bekerja dibawah tekanan, dll.

11. Apa kelemahan/kekurangan anda?
Jawab dengan diplomatis kelemahan/kekurangan yang anda miliki. Tapi jangan pernah mengatakan anda adalah seorang pemalas atau sifat kekurangan umum lainnya. Cukup jawab dengan kelemahan/kekurangan yang berhubungan dengan karir. Sertakan juga bagaimana cara anda untuk mengatasi kelemahan/kekurangan tersebut.

12. Apakah anda siap dipekerjakan ke luar kota?
Jawablah dengan jujur pertanyaan ini. Apabila anda tidak masalah untuk bekerja ke luar kota, maka katakan bersedia. Apabila anda tidak bersedia maka katakan saja tidak bersedia. Intinya anda harus jujur menghadapi pertanyaan seperti ini.

13. Apakah anda memiliki pertanyaan untuk saya?
Katakan iya, dan ungkapkan pertanyaan anda. Disini anda harus selalu menyediakan pertanyaan, entah itu mengenai perusahaan tersebut atau pekerjaan apa yang akan anda lakukan ketika anda diterima di perusahaan tersebut. Hal ini supaya anda terlihat antusias untuk segera bergabung di perusahaan itu.

Itulah kurang lebih pertanyaan yang akan anda jumpai ketika anda melakukan sesi wawancara kerja di perusahaan yang anda lamar. Siapkan mental anda sebaik mungkin. Jangan lupa berdoa dan meminta doa dari orang terdekat. Demikian yang dapat kami informasikan mengenai Tips Wawancara Kerja Dan Contoh Pertanyaan Interview Kerja

Kunjungi juga Wow! Inilah Danau Ajaib Dengan Hutan Sebagai “Anaknya”
Sumber www.koranelektronik.com

adsense-fallback